Kamis, Juli 20

Mahasiswa Dibully





Salam Hangat dari Si Kecil yang Tak Selalu Kecil

Baru lihat berita di LINE TODAY kalau ada mahasiswa yang di bullying. Mahasiswa dari Univ.Gunadarma tersebut mengaku bahwa dirinya sering dibully. Bahkan sejak dia masih semester satu, dia sudah dibully. Muhammad Farhan namanya, mengisahkan dirinya bahwa dia selalu dirundung dengan berbagai gangguan dari teman sekelasnya. Mulai dari tidak diperbolehkan pulang (ditahan di dalam kelas) sampai tas miliknya ditarik. Sudah banyak yang dia alami sejak masuk kuliah.
Menurut sumber, katanya MF itu adalah ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Tapi sang ibu sudah menyangkal bahwa MF itu bukan ABK. Hanya saja pribadi dia yang introvert atau pendiam. Dia termasuk mahasiswa yang suka baca buku. Namun walaupun intorvert atau pendiam, dia tetap bisa berinteraksi dengan orang disekitarnya.

Apakah dia melawan atau tetap diam? Tentu saja dia melawan. Merasa dirugikan bahwa tidak dapat merasakan kenyamanan selama kuliah. Awalnya dianggap candaan. Tapi candaan juga ada batasnya. Tidak semua orang introvert lemah ataupun kuper. Sifat orang kan berbeda-beda. Introvert itu termasuk orang yang suka mengeksplor dunianya sendiri. Tapi bukan jadi orang yang tidak bisa berinteraksi dengan yang lain.

Saya tidak tau apa alasan dibalik itu semua ?? Kita tidak dilarang untuk bercanda, tapi semuanya ada batasnya juga. Makna bullying yang mereka lakukan itu sudah termasuk kelewat batas. Saya juga kadang mau bully teman, tapi bukan makna bullying seperti yang mereka lakukan. Kita hanya sekedar seperti "ngejek" bukan sampai main fisik.

Sedangkan senioritas dalam sekolah atau kampus saja sudah mulai dihilangkan, apalagi bullying. Yang lebih herannya adalah tentang teman yang melihat si MF ini dibully ? Apa gak kasian atau apa gitu ?
Tapi semua sudah diberi hukuman sesuai perbuatannya. Harapan ke depannya agar tidak ada lagi yang seperti ini. Kita sama-sama kuliah, sama-sama menimba ilmu. Jalani aja sebagaimana mahasiswa. 

0 komentar:

Posting Komentar